PANDUAN PENGECEKAN FUEL SYSTEM ENGINE CRI (SAA6D140E-3)
1.CHECK KEBOCORAN PADA FUEL LINE
*Running engine pada high idle atau rated speed ( attachment di relief ) lalu lihat kondisi dari fuel line,adakah kebocoran pada sambungan antara hose atau pun piping dari fuel line.check juga kondisi fuel filter apakah terjadi kebocoran.
*Bila terjadi kebocoran,segera pebaiki kebocoran
2.CHECK FUEL FILTER ( part number : 600-311-3550 )
*Bila unit di lengkapi fuel stainer,pastikan kondisi dari stainer bersih.
Untuk mengetahui kondisi fuel filter buntu atau tidak,maka lalkukan pengecekan pressure fuel sebagai berikut :
-Lepaskan plug pengukuran fuel low pressure ( terletak pada backet fuel filter ) dan pasang nipple kemudian pasang pressure gauge yang 10 kg/cm2 ( 1 Mpa )
-Running engine pada high idle kemudian lihat hasil dari pengukuran.
( STANDARD FUEL LOW PRESSURE : 1,5- 3 kg/cm2 atau 0,15 – 0,3 Mpa.)
*Bila hasil pengukuran tidak sesuai standard,maka lakukan penggantian fuel filter.
3.CHECK PRESSURE LIMITER ( part number : ND 095420-0140 )
*lepaskan bolt ( baut 14) yang mngikat piping dari pressure limiter,piping yang dilepas tadi kita blok agar fuel tidak keluar saat di running,kemudian ukur quantity fuel yang keluar dari pressure limiter menggunakan gelas ukur.Runing engine pada rated speed ( relief ) selama 1 menit.
( STANDARD FUEL YANG KELUAR DARI LIMITER : Max 10 cc tiap menit.)
*Bila hasil pengukuran melebihi dari standard,maka lakukan penggantian pressure limiter
4.CHECK COMMON RAIL PRESSURE SENSOR ( part number : ND 499000-4441 )
*Perhatikan kondisi wiring harness common rail pressure sensor,lihat apakah female conector mengalami kelonggaran atau pun kotor.Rapatkan female conector lalu bersihkan conector dari kotoran.
*Ukur voltage wiring harness common rail pressure sensor
-pada common rail pressure sensor terdapat 3 wiring yaitu wiring warna putih ( wiring power source ) , wiring warna hijau ( wiring signal ) dan wiring warna hitam ( wiring ground ).Ukur tegangan ( voltage ) masing-masing wiring dengan ground body/chassis.
STANDARD HASIL PENGUKURAN VOLTAGE :
Wiring putih dengan chassis : 5 volt
Wiring hijau dengan chassis : 5 volt
Wiring hitam dengan chassis : 0 ( kosong )
-Lakukan juga pengukuran continuity wiring harness common rail pressure sensor dengan ground body.Bila wiring harness ada yang berhubungan / continuity dengan body,maka wiring tersebut terjadi short circuit.
*Bila hasil pengukuran tidak sesuai dengan standard,maka ada kerusakan pada wiring,entah itu short atau pun wiring putus.Lakukan perbaikan pada wiring common rail pressure sensor.
*Bila wiring sudah sesuai standard tetapi masih muncul error,maka lakukan penggantian common rail pressure sensor.
5.CHECK PCV VALVE ( part number : ND 094150-0240 )
*Perhatikan kondisi wiring harness PCV VALVE,lihat apakah female conector mengalami kelonggaran atau pun kotor.Rapatkan female conector lalu bersihkan conector dari kotoran.
-Lakukan pengukuran continuity wiring harness PCV VALVE dengan ground body.Bila wiring harness ada yang berhubungan / continuity dengan body,maka wiring tersebut terjadi short circuit.
-lakukan pengukuran resistance pada PCV solenoid nya,ukur 2 pin male conector yang berada pada PCV solenoid.
STANDARD RESISTANCE PCV solenoid : 2,3 – 5,3 ohm
*Bila hasil pengukuran melebihi standard,maka lakukan penggantian PCV solenoid.
Catatan : hati-hati saat melakukan penggantian PCV VALVE , perhatikan antara plunger dan seat spring.Pastikan saat pemasangan PCV VALVE,plunger harus duduk dan terkait pada sheat spring,bila plunger tidak duduk atau terkait pada sheat spring,maka akan terjadi kerusakan pada sheat spring dan PCV VALVE akan tidak bekerja,dan hal ini akan membuat engine tidak akan bisa ruuning.( output fuel tidak akan keluar ).Dan bila sheat pring rusak maka kita harus mengganti fuel pump assy.Untuk itu dalam pemasangan PCV VALVE harus benar-benar dalam kondisi yang sesuai.
6.CHECK KONDISI GASKET DELIVERY PCV ( part number : ND 094137-0010 )
*lepaskan 2 piping delivery antara fuel pump dengan common rail,kemudian lepas delivery valve dan lepas gasket delivery valve dari dudukannya.lihat secara visual pada gasket delivery PCV,apakah ada tanda-tanda kerusakan,adakah tanda-tanda keausan yang berlebihan pada gasket delivery PCV.
*bila ada tanda-tanda kerusakan pada gasket delivery PCV,maka lakukan penggantian gasket delivery PCV.
Catatan : pada saat pemasangan gasket delivery PCV,perhatikan kebersihan dari komponen,jangan sampai ada kotoran yang menempel pada gasket delivery PCV atau pun kotoran yang menempel pada dudukan gasket delivery PCV.
-perhatikan juga urutan komponennya,jangan ada komponen yang terbalik antara delivery valve , spring , sheat spring dan delivery holder.
-dan pastikan kekencangan dari mounting delivery holder,bila kekencangan delivery holder tidak sesuai,maka akan terjadi kebocoran dan juga bisa menggakibatkan engine tidak bisa running.
*untuk mengetahui kondisi gasket delivery valve berfungsi dengan baik saat terpasang di fuel pump maka lakukan sebagai berikut :
-lepas delivery piping PCV,sediakan tampungan untuk menampung fuel yang akan keluar dari output delivery PCV.kemudian crank engine,perhatikan adakah fuel yang keluar dari output delivery PCV.bila kedua nya keluar fuel dan quantity nya sama berarti kondisi dari gasket dapat dinyatakan bagus,tetapi bila tidak keluar salah satu atau keduanya ,kemungkinan gasket delivery PCV mengalami kerusakan.
7.CHECK FUEL INJECTOR ( part number 6218-11-3101 )
*Melakukan REDUCE CYLINDER / pengecekan kondisi solenoid dari masing-masing fuel injector dengan cara sebagai berikut :
-running engine pada putaran low idle
-lihat monitor panel dan masuk ke menu cylinder cut out.
Cara menuju menu ke cylinder cut out adalah sebagai berikut :
+tekan tombol ^ 1 2 3 secara berurutan pada monitor panel.
+kemudian cari menu cylinder cut out lalu tekan v.
+maka pada layer akan muncul angka 1 2 3 4 5 6. angka-angka ini adalah menunjukan angka injector masing-masing cylinder sesuai degan urutan nya.
+untuk menonaktifkan / melihat kerja dari solenoid injector,maka tekan angka-angka tersebut satu per satu.lalu lihat dan dengarkan penurunan RPM engine,bila saat ditekan angka nya dan ada penurunan RPM engine,hal ini menandakan bahwa solenoid injector bekerja dengan baik.
+untuk mengembalikan pada kondisi semula maka tekan lagi angka yang tadi kita tekan.
*Bila saat melakukan reduce cylinder ditemui keabnormalan,maka lakukan penggantian injector.
MENGUKUR SPILL RETURN INJECTOR
-Siapkan gelas ukur dan lepas hose / piping yang dari drain / return injector.tampung fuel yang akan keluar dari return injector menggunakan gelas ukur.
-Running engine dan ukur pada rated speed engine selama 1 menit dan sesuaikan hasil pengukuran spill return injector sesuai dengan standard RPM dari factory.Bila hasil pengukuran melebihi dari standard factory maka lakukan penggantian injector.pengukuran spill return ini bertujuan mengetahui keausan dari injector.Bila injector mengalami keausan yang berlebih pada plunger nya maka akan banyak fuel yang return menuju fuel tank,dan hal ini juga menyebabkan pressure dari injector akan mengalami penurunan dan menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna yang nanti ujung-ujung nya engine mengalami low power.
8.CHECK FUEL SUPPLY PUMP ( part number 6218-71-1130 )
*Bila sudah melakukan pengecekan dari :
-kebocoran fuel system.
-fuel filter ( low pressure circuit )
-pressure limiter.
-common rail pressure sensor.
-PCV valve.
-gasket delivery valve.
-fuel injector.
Dan ternyata engine masih mengalami low power atau pun masih muncul error fuel system,maka lakukan penggantian fuel supply pump.
Catatan :
*Hati-hati dalam melakukan pelepasan fuel supply pump,lepas wiring dari PCV 1, PCV 2 ,wiring G sensor , lepas piping delivery yang menuju ke common rail , lepas hose return dari over flow valve fuel pump dan hose dan piping dari fuel filter.
-hati-hati saat melepas “nut” dan key lock shaft mounting fuel pump yang ada di depan,jangan sampai terjatuh ke bawah ke oil pan.
*Saat melakukan pemasangan,hati-hati dalam pemasangan piping by pass valve,jangan sampai terbalik.Jika terbaik maka engine tidak akan bisa running.
+Perhatikan juga kekencangan dari mounting piping-piping fuel,jangan sampai terjadi over torque,karena bila terjadi over torque maka akan menyebabkan keretakan piping dan menyebabkan kebocoran pada fuel piping.
9.CHECK ENGINE SPEED SENSOR ( part number 7861-93-2330 dan 6217-81-9210 )
Bila ternyata hasil pengecekan dari fuel system tidak ditemukan keabnormalan,maka lakukan pengukuran pada engine speed sensor.
*ukur resistance 2 wiring pada engine speed sensor ( standard resistance 85-210 ohm)
*pastikan wiring pada engine speed sensor tidak short dengan ground chassis.
*bila hasil pengukuran di luar dari standard maka lakukan pengantian engine speed sensor.
*bila wiring speed sensor terjadi short circuit dengan chassis,maka lakukan perbaikan pada wiring speed sensor.
10.CHECK ENGINE CONTROLLER ( part number 7872-20-4403 )
*Bila langkah 1 -9 sudah dilakukan dan tidak terjadi keabnormalan,maka cobalah mengganti engine controller.
Demikianlah panduan pengecekan fuel system engine CRI ( SAA6D140E-3 )pada excavator komatsu PC 800SE-7.Semoga bermanfaat bagi kita semua.
1.CHECK KEBOCORAN PADA FUEL LINE
*Running engine pada high idle atau rated speed ( attachment di relief ) lalu lihat kondisi dari fuel line,adakah kebocoran pada sambungan antara hose atau pun piping dari fuel line.check juga kondisi fuel filter apakah terjadi kebocoran.
*Bila terjadi kebocoran,segera pebaiki kebocoran
2.CHECK FUEL FILTER ( part number : 600-311-3550 )
*Bila unit di lengkapi fuel stainer,pastikan kondisi dari stainer bersih.
Untuk mengetahui kondisi fuel filter buntu atau tidak,maka lalkukan pengecekan pressure fuel sebagai berikut :
-Lepaskan plug pengukuran fuel low pressure ( terletak pada backet fuel filter ) dan pasang nipple kemudian pasang pressure gauge yang 10 kg/cm2 ( 1 Mpa )
-Running engine pada high idle kemudian lihat hasil dari pengukuran.
( STANDARD FUEL LOW PRESSURE : 1,5- 3 kg/cm2 atau 0,15 – 0,3 Mpa.)
*Bila hasil pengukuran tidak sesuai standard,maka lakukan penggantian fuel filter.
3.CHECK PRESSURE LIMITER ( part number : ND 095420-0140 )
*lepaskan bolt ( baut 14) yang mngikat piping dari pressure limiter,piping yang dilepas tadi kita blok agar fuel tidak keluar saat di running,kemudian ukur quantity fuel yang keluar dari pressure limiter menggunakan gelas ukur.Runing engine pada rated speed ( relief ) selama 1 menit.
( STANDARD FUEL YANG KELUAR DARI LIMITER : Max 10 cc tiap menit.)
*Bila hasil pengukuran melebihi dari standard,maka lakukan penggantian pressure limiter
4.CHECK COMMON RAIL PRESSURE SENSOR ( part number : ND 499000-4441 )
*Perhatikan kondisi wiring harness common rail pressure sensor,lihat apakah female conector mengalami kelonggaran atau pun kotor.Rapatkan female conector lalu bersihkan conector dari kotoran.
*Ukur voltage wiring harness common rail pressure sensor
-pada common rail pressure sensor terdapat 3 wiring yaitu wiring warna putih ( wiring power source ) , wiring warna hijau ( wiring signal ) dan wiring warna hitam ( wiring ground ).Ukur tegangan ( voltage ) masing-masing wiring dengan ground body/chassis.
STANDARD HASIL PENGUKURAN VOLTAGE :
Wiring putih dengan chassis : 5 volt
Wiring hijau dengan chassis : 5 volt
Wiring hitam dengan chassis : 0 ( kosong )
-Lakukan juga pengukuran continuity wiring harness common rail pressure sensor dengan ground body.Bila wiring harness ada yang berhubungan / continuity dengan body,maka wiring tersebut terjadi short circuit.
*Bila hasil pengukuran tidak sesuai dengan standard,maka ada kerusakan pada wiring,entah itu short atau pun wiring putus.Lakukan perbaikan pada wiring common rail pressure sensor.
*Bila wiring sudah sesuai standard tetapi masih muncul error,maka lakukan penggantian common rail pressure sensor.
5.CHECK PCV VALVE ( part number : ND 094150-0240 )
*Perhatikan kondisi wiring harness PCV VALVE,lihat apakah female conector mengalami kelonggaran atau pun kotor.Rapatkan female conector lalu bersihkan conector dari kotoran.
-Lakukan pengukuran continuity wiring harness PCV VALVE dengan ground body.Bila wiring harness ada yang berhubungan / continuity dengan body,maka wiring tersebut terjadi short circuit.
-lakukan pengukuran resistance pada PCV solenoid nya,ukur 2 pin male conector yang berada pada PCV solenoid.
STANDARD RESISTANCE PCV solenoid : 2,3 – 5,3 ohm
*Bila hasil pengukuran melebihi standard,maka lakukan penggantian PCV solenoid.
Catatan : hati-hati saat melakukan penggantian PCV VALVE , perhatikan antara plunger dan seat spring.Pastikan saat pemasangan PCV VALVE,plunger harus duduk dan terkait pada sheat spring,bila plunger tidak duduk atau terkait pada sheat spring,maka akan terjadi kerusakan pada sheat spring dan PCV VALVE akan tidak bekerja,dan hal ini akan membuat engine tidak akan bisa ruuning.( output fuel tidak akan keluar ).Dan bila sheat pring rusak maka kita harus mengganti fuel pump assy.Untuk itu dalam pemasangan PCV VALVE harus benar-benar dalam kondisi yang sesuai.
6.CHECK KONDISI GASKET DELIVERY PCV ( part number : ND 094137-0010 )
*lepaskan 2 piping delivery antara fuel pump dengan common rail,kemudian lepas delivery valve dan lepas gasket delivery valve dari dudukannya.lihat secara visual pada gasket delivery PCV,apakah ada tanda-tanda kerusakan,adakah tanda-tanda keausan yang berlebihan pada gasket delivery PCV.
*bila ada tanda-tanda kerusakan pada gasket delivery PCV,maka lakukan penggantian gasket delivery PCV.
Catatan : pada saat pemasangan gasket delivery PCV,perhatikan kebersihan dari komponen,jangan sampai ada kotoran yang menempel pada gasket delivery PCV atau pun kotoran yang menempel pada dudukan gasket delivery PCV.
-perhatikan juga urutan komponennya,jangan ada komponen yang terbalik antara delivery valve , spring , sheat spring dan delivery holder.
-dan pastikan kekencangan dari mounting delivery holder,bila kekencangan delivery holder tidak sesuai,maka akan terjadi kebocoran dan juga bisa menggakibatkan engine tidak bisa running.
*untuk mengetahui kondisi gasket delivery valve berfungsi dengan baik saat terpasang di fuel pump maka lakukan sebagai berikut :
-lepas delivery piping PCV,sediakan tampungan untuk menampung fuel yang akan keluar dari output delivery PCV.kemudian crank engine,perhatikan adakah fuel yang keluar dari output delivery PCV.bila kedua nya keluar fuel dan quantity nya sama berarti kondisi dari gasket dapat dinyatakan bagus,tetapi bila tidak keluar salah satu atau keduanya ,kemungkinan gasket delivery PCV mengalami kerusakan.
7.CHECK FUEL INJECTOR ( part number 6218-11-3101 )
*Melakukan REDUCE CYLINDER / pengecekan kondisi solenoid dari masing-masing fuel injector dengan cara sebagai berikut :
-running engine pada putaran low idle
-lihat monitor panel dan masuk ke menu cylinder cut out.
Cara menuju menu ke cylinder cut out adalah sebagai berikut :
+tekan tombol ^ 1 2 3 secara berurutan pada monitor panel.
+kemudian cari menu cylinder cut out lalu tekan v.
+maka pada layer akan muncul angka 1 2 3 4 5 6. angka-angka ini adalah menunjukan angka injector masing-masing cylinder sesuai degan urutan nya.
+untuk menonaktifkan / melihat kerja dari solenoid injector,maka tekan angka-angka tersebut satu per satu.lalu lihat dan dengarkan penurunan RPM engine,bila saat ditekan angka nya dan ada penurunan RPM engine,hal ini menandakan bahwa solenoid injector bekerja dengan baik.
+untuk mengembalikan pada kondisi semula maka tekan lagi angka yang tadi kita tekan.
*Bila saat melakukan reduce cylinder ditemui keabnormalan,maka lakukan penggantian injector.
MENGUKUR SPILL RETURN INJECTOR
-Siapkan gelas ukur dan lepas hose / piping yang dari drain / return injector.tampung fuel yang akan keluar dari return injector menggunakan gelas ukur.
-Running engine dan ukur pada rated speed engine selama 1 menit dan sesuaikan hasil pengukuran spill return injector sesuai dengan standard RPM dari factory.Bila hasil pengukuran melebihi dari standard factory maka lakukan penggantian injector.pengukuran spill return ini bertujuan mengetahui keausan dari injector.Bila injector mengalami keausan yang berlebih pada plunger nya maka akan banyak fuel yang return menuju fuel tank,dan hal ini juga menyebabkan pressure dari injector akan mengalami penurunan dan menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna yang nanti ujung-ujung nya engine mengalami low power.
8.CHECK FUEL SUPPLY PUMP ( part number 6218-71-1130 )
*Bila sudah melakukan pengecekan dari :
-kebocoran fuel system.
-fuel filter ( low pressure circuit )
-pressure limiter.
-common rail pressure sensor.
-PCV valve.
-gasket delivery valve.
-fuel injector.
Dan ternyata engine masih mengalami low power atau pun masih muncul error fuel system,maka lakukan penggantian fuel supply pump.
Catatan :
*Hati-hati dalam melakukan pelepasan fuel supply pump,lepas wiring dari PCV 1, PCV 2 ,wiring G sensor , lepas piping delivery yang menuju ke common rail , lepas hose return dari over flow valve fuel pump dan hose dan piping dari fuel filter.
-hati-hati saat melepas “nut” dan key lock shaft mounting fuel pump yang ada di depan,jangan sampai terjatuh ke bawah ke oil pan.
*Saat melakukan pemasangan,hati-hati dalam pemasangan piping by pass valve,jangan sampai terbalik.Jika terbaik maka engine tidak akan bisa running.
+Perhatikan juga kekencangan dari mounting piping-piping fuel,jangan sampai terjadi over torque,karena bila terjadi over torque maka akan menyebabkan keretakan piping dan menyebabkan kebocoran pada fuel piping.
9.CHECK ENGINE SPEED SENSOR ( part number 7861-93-2330 dan 6217-81-9210 )
Bila ternyata hasil pengecekan dari fuel system tidak ditemukan keabnormalan,maka lakukan pengukuran pada engine speed sensor.
*ukur resistance 2 wiring pada engine speed sensor ( standard resistance 85-210 ohm)
*pastikan wiring pada engine speed sensor tidak short dengan ground chassis.
*bila hasil pengukuran di luar dari standard maka lakukan pengantian engine speed sensor.
*bila wiring speed sensor terjadi short circuit dengan chassis,maka lakukan perbaikan pada wiring speed sensor.
10.CHECK ENGINE CONTROLLER ( part number 7872-20-4403 )
*Bila langkah 1 -9 sudah dilakukan dan tidak terjadi keabnormalan,maka cobalah mengganti engine controller.
Demikianlah panduan pengecekan fuel system engine CRI ( SAA6D140E-3 )pada excavator komatsu PC 800SE-7.Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Fungsi g sensor dan ne sensor apa ya pak?
ReplyDelete1. NE revolution sensor (crank angle sensor)
ReplyDeleteWhen the signal hole in the flywheel passes the sensor, the line of magnetic force passing through the coil changes and an AC voltage is generated in the coil.Signal holes are provided in the flywheel every 7.5 degrees, but there are 3 places where there is no hole, so there is a total of 45 signal holes. Therefore, for every 2 turns of the engine, 90 pulses are output.
From this signal, the engine speed and the crank angle for every 7.5 degrees is detected
G revolution sensor (cylinder judgement sensor)
In the same way as the NE revolution sensor, the change in the line of magnetic force passing through the coil is used to generate an AC voltage.
The disc-shaped gear provided in the center of the camshaft of the high-pressure pump has teeth cut (a notch is made) every 120 degrees , and in addition, there is an extra tooth at one point. Therefore, for every 2 turns of the engine, 7 pulses are output. The combination of the NE revolution sensor pulse and G revolution sensor pulse is recognized as the No. 1 cylinder standard pulse.
Mlam pa saya dri maluku utara mau tanya, Klu oli lolos dri penguapan apa ya penyebabnya
DeleteMlam pa saya mau tanya Klu oli lolos dari penguapan mesin apa ya penyebabnya
DeleteBantu jawab ya...
DeleteItu di karenakan blow by
what's that PCV valve........? it's that differnt with shut off valve
ReplyDeleteBeda gan klo PCV valve sama shut off valve
Deletegan mau tanya nih, ada engine pake supply pump denso HP0. Kalo start awal susah dan kalo kena beban (relief valve aktif) suara engine mbrebet tapi RPM nda ngedrop kira kira apanya ya?
ReplyDeleteBs dr air cleaner y buntu..atau bs jg fuel filter y jg buntu...klo dah dioastikn fuel sistrm dan air sistem y bgus...silahkn lanjutkn pengecekn tuk pressure hydraulic y...kmngkinan setting hydraulic y terlalu tinggi
DeletePak Mau nanya kalau troublenya lowpower tapi jika dimatikan enginnya atau switch di off normal lagi apanya ya pak..kehadiqnnya ber ulang2 limiter pressure sudah di ganti pressur sensor common rail sudah diganti.. apnnya ya unitnya wa 500-3
ReplyDeleteTolong balas ya gan
ReplyDeleteOhya enginya tidak brebet tpi rpmnya turun..
ReplyDeletePak Mau nanya kalau troublenya lowpower tapi jika dimatikan enginnya atau switch di off normal lagi apanya ya pak..kehadiqnnya ber ulang2 limiter pressure sudah di ganti pressur sensor common rail sudah diganti.. apnnya ya unitnya wa 500-3
ReplyDeletemaaf baru balas mas,baru bisa online
ReplyDeletesilahkan di cek mas gasket delivery valve yang berada di fuel pump,kemungkinan mengalami kerusakan.
sebelum nya silahkan cek dengan cara engine di crank ( di start tidak sampai running ) buka piping delivery valve pada fuel pump,coba perhatikan adakah fuel yang keluar dari delivery tersebut.
Masalahnya klu engine dimatikan normal lgi.. semuanya normal.. klu Mau buka kan posisi engine mati..
ReplyDeleteTrus normalnya pcv valve dilepas 1 bisa raning g' sich?
Iya..engine y di matikn...trs bongkar delivery valve y...lhat gasket yg berrada di bwh delivry valve....kmngkinan bsar gasket tembaga delivery valve y dah aus atau bahkan dah rusak
DeleteOce gan Makasih sharingnya
ReplyDeleteCek tanki solar mas ..apakah ada kotoran...
DeletePak cra menamplkn menu seting wa500-3 gmn crny?
ReplyDeletebila berkenaan,,saya bs kirimkn panduan WA500-3 y pak lengkap
DeleteTolong saya kirimi panduan lengkap wa500-3 pak, ini whatsaap saya 085640653641
DeletePak hartono saya pny kluhan di pc 300-8 ,bgini pk masalahnya mngenai sistem elektrik pada injector, di monitor saya cek injector no 2 tdk berfungsi pdahal sdah saya ganti dngn injector yg baru tpi di monitor msih muncul aja erornya dan tdk berfungsi jg, saya cek wirling harnesnya normal semua bahkan sempat saya gnti jg ECM nya tpi masih jg sama gk da perubahan, saat di hidupkan asapnya hitam dan rpm rendah ..kira2 bpk tau tolong pnjelasanya ya pak hartono, dan tolong pak klu bpk punya manual shop nya pc 200-7 dan pc 300-8 tolong bpk kirimkn k email saya ya, Ipunkenda156@gmail.com trmksh bnyk pak sblumnya.
ReplyDeleteSilahkan hubungi by phone pak ipunk enda...tuk dpt an shop manual y
ReplyDeletePak klo E/G SAA6D144E-3 ada gak cara kerja dan gambarnya NE sensor dan G sensor..??
ReplyDeletePak klo E/G SAA6D144E-3 ada gak cara kerja dan gambarnya NE sensor dan G sensor..??
ReplyDeleteada pak,saya punya lengkap versi bahsa indonesia
DeleteSlamat pagi pak salam kenal pak .mau nanya pak..sy habis overhoule pc 200{6d95l} boshpomp dan nosel sdh di cek kok masih asapnya tebal putih pak ,,,trims
ReplyDeletePak narto,komponen apa saja pak yang sudah diganti? Apakah overhaul nya jg ganti ring piston pak?
ReplyDeletePak mohon pencerahanya,, saya punya loader WA 500 komatsu pada saat engine dalam kondisi panas mengalami lowpower sedangkan PCV belum lama kami ganti.
ReplyDeletepada saat kondisi engine dingn power normal,,
fuel kondisi bagus,
tangki fuel sudah dilakukan pembersihan
fuel filter baru dilakukan pengantian
tank's ( nanangxyz@yahoo.com)
mas klo injektorx sdh rusak, apa msh bs di perbaiki, thanks
ReplyDeleteMohon solusi nya mas!KOBRLCO SK200-8 SUPLY PUMP SUDAH GANTI INJEKTOR GANTI.ECU GANTI.TAPI ENGJINE TAK MAU HIDUP.KODE EROR TAK ADA.APA NY YA PAK
ReplyDeletePak jhoni : engine common rail jika sulit hidup cb sensor common rail y di ganti atau conector wiring sensor common rail mngalami kendor.
ReplyDeletePak jhoni : engine common rail jika sulit hidup cb sensor common rail y di ganti atau conector wiring sensor common rail mngalami kendor.
ReplyDeleteSigit.pak mau tanya ini kobelco sk200-8. Engine start enak. Gas langsam enak tapi rpm tidak mau naik. Kalo Scv di supply pump di cabut gas mau naik. Mohon sarannya?
Deletepak.. saya mengalami.. P0192 pada isuzu dmax common rail 2007, hasil scan menuju pada sensor frp, kondisi mesin saat ini low power, sebelumnya normal aja,, seminggu ga start. muncul seperti itu.. please.. tolong di bantu
ReplyDeletePompa oli nya lambat/gak naik
ReplyDeleteMaaf pak sy mau tanya klo mesin cat 320d klo start susah hidup hrs di pancing..itu apny ya pak...
ReplyDeletePak saya mau tanya..
ReplyDeleteSaya punya transmisi volvo VT02214B itu pernah salah isi oli yg seharusnya TO 50 tapi di isi dengan oli SAE 85 140 W,lalu trrdapat kerusakan bearing brodol..
Nah yg saya tanyakan kenapa oli 85 tidak cocok untuk TM volvo tipe VO2214B..
bls
Pak saya mau tanya..
ReplyDeleteSaya punya transmisi volvo VT02214B itu pernah salah isi oli yg seharusnya TO 50 tapi di isi dengan oli SAE 85 140 W,lalu trrdapat kerusakan bearing brodol..
Nah yg saya tanyakan kenapa oli 85 tidak cocok untuk TM volvo tipe VO2214B..
bls
Pak saya mau tanya
ReplyDeletesaya punya mobil Triton ada masalah digas rpm nya cuma 3000gk bisa naik apa penyebabnya terimakasih
Pak, injektor cat 320 D commonrail sudah ganti baru. Apa perlu di seting ulang atau tinggal di paka langsung. Trims atas masukannya pak.
ReplyDeletePak, injektor cat 320 D commonrail sudah ganti baru. Apa perlu di seting ulang atau tinggal di paka langsung. Trims atas masukannya pak.
ReplyDeleteMeski bagi saya terlalu teknis, tapi sangat membantu kami yang kebetulan menangani (memenej) alat berat tetapi sangat awam mengenai mesin. Lanjutkan Mas.. posting-postingannya bermanfaat banget
ReplyDeleteSaya ada pertanyaan ni Mas : compactor kami SAKAI saat ini bermasalah : vibrator-nya hanya berfungsi sekitar 30 menit sejak dihidupkan, tapi setelah itu (pada saat mesin mulai panas), vibratornya mati, mohon bantuan ! suwun Mas
ReplyDeletemakasih .
ReplyDeleteini gan no 3.CHECK PRESSURE LIMITER ( part number : ND 095420-0140 )
*lepaskan bolt ( baut 14) yang mngikat piping dari pressure limiter,piping yang dilepas tadi kita blok agar fuel tidak keluar saat di running,kemudian ukur quantity fuel yang keluar dari pressure limiter menggunakan gelas ukur.Runing engine pada rated speed ( relief ) selama 1 menit.
( STANDARD FUEL YANG KELUAR DARI LIMITER : Max 10 cc tiap menit.)
*Bila hasil pengukuran melebihi dari standard,maka lakukan penggantian pressure limiter
ini unit pump boschcp1h3
keluhan tekana yg keluar dari pump ke rail lemah sekali , tapi kalao saya buka scv , tekanan kuat sekali kalo saya tutup pakai tangan , tidak sanggup di tahan , masalah nya yg ke rail ini lemah sekali , posisi press limitter di pump , jadi minyak naik ke rail sebagian , sebagian lagi balik ke return .
catt saya perhatikan kerja scv bila ada arus / kk on maka minyak mengalir ke arah rail , tp apabila tidak ada arus / off minyak terhenti danlangsung ke return , bagaimana saya mengetahui kerusakan press limittre yg posisi nya limitter itu di pump , kepala baut nya 14 , mohon saran nya gan ...
makasih
Bos saya punya masalah dengan mobil everest yg pertam mobil di pinjam teman lalu diisi solar akrdi probolingo sampai di nganjuk mogok terus sama bengkel di pancing mengunakan bensin bisahidup gak normal sekarang mogok saya cek tekanan pompa sangat lemah kira2 apa yg rusak mohon bantuan nya trimakasih
ReplyDeletePengalaman saya juga sama. Coba pinjam rail commonrail ato check fuel pressure sensor pada commonrail ( tutorial di youtube fuel pressure sensor test )
DeleteKlo hasil test tdk bagus ganti rail commonrail ato ganti rail fuel presssure sensornya. Lebih aman ganti rail commonrailnya saja.
Pengalaman saya juga sama. Coba pinjam rail commonrail ato check fuel pressure sensor pada commonrail ( tutorial di youtube fuel pressure sensor test )
DeleteKlo hasil test tdk bagus ganti rail commonrail ato ganti rail fuel presssure sensornya. Lebih aman ganti rail commonrailnya saja.
Mau nnya mas..HD785-7 error CB559 dan CB2249.line fuel normal,saat posisi switch kontak on di masukan kode 36403 untuk pembacaan pressure common rail RH,pembacaan nya kadang 0 kadang ---- strip strip, trus untuk voltage power supply 4,89v dan signal pressure common rail switch kontak on terbaca 0,999 v kalau yg sblah kiri power supply 5,01v dan signal 1.051v setelah d ganti controler RH voltage normal seperti yg sebelah kiri,dan pembacaan pressure common rail saat kontak on tetap 0 tidak berubah ubah lagi..Kira kira apa memang cintroler nya yg masalah apa ada opsi lain? Mohon pencerahan nya Mas...
ReplyDeletePak..ay mau tanya resistensi coil di injektor apa bisa di tinggikan.trimakasih
ReplyDeletePak..ay mau tanya resistensi coil di injektor apa bisa di tinggikan.trimakasih
ReplyDeletepak,saya mau tanya,triton common rail ga bisa hidup,,jdi saya percikan bensin ke pernapasan baru bsa hidup. pas hdup awalnya digas rpm naik aja,pas pedal gas di lepas,di gas lgi rpm ga lebih dri 2000rpm.lampu engine nyala terus.cuman langsam ga mbrebet,,hampir mendekati normal aja. kira2 apan ya pak penyebab nya.???
ReplyDeletePak saya mau tanya
ReplyDeleteDi start engine hidup,setelah satu menit lalu mati engine nya.unit pc 300-8
pak fuadi : apakah muncul error pada monitor panel?jika muncul kita perbaiki error code nya sesuai panduan shop manual,detail analisa bs by phone pak
ReplyDeletePak Mau Nanya, Saya Punya Ford Ranger 2,2L tahun 2013.saat ini mengalami masalah pada Power engine,
ReplyDeleteRPM hanya sampai 2000,udah di Scanner Tidak Ada DTC,Awalnya Fuel Filter Udah Tidak Bagus,dan Bahan Bakar yg Kwalitasnya Ga Bagus, namun Filte dan bahan bakar udah di ganti, Fuel Tank dan Pompa Fuel Yang Di dalam Fuel Tank Juga Udah Di bersikan, Namu RPM tidak Mau naik,, Hanya Mentok Di 2000 Rpm saja..Kira Kira Apa Lagi yg harus di chek ya,,,Mohon Bantuanya,,,
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteMasukkan komentar Anda...selamat siang pak,,saya mau sharing,pc 300 saya kalo wiring sensor comon rail d pasang tidak mau raning,,tapi jika d cabut baru bisa raning,kira2 masalahnya d mana pak,,apakah bisa sensor comon rail jadi penyebab,,trimakasih
ReplyDeleteCOBA GANTI SENSOR COMMON RAIL NYA PAK
ReplyDeleteMnt bntuanx pak har. In ad unitqu hyundai R220-9sh..baru2 mw krja tiba tiba smua geraknx lambat..putaranmesin normal , d monitor jg g ad error ..skring sm reelay jg bgus filterx sdah d gnti smua ..kira2 apx yg brmslah pak? Mnt solusix pak har ..trima kasih
ReplyDeletePak,saya punya alat volvo 210,thn 2011.kemarin baru over haul.
ReplyDeletemau tanya:mobil innova
ReplyDelete2kd,muncul error p0093. yg saya tanyakan return fuel dr common rail & suplay pump brp ya?
kalo di common rail,fuel yg keluar dr pressure limiter sbnr y hmpir tidak ada saat unit running
ReplyDeleteMaaf pa sy mau tanya klw excavator cat 320D sama g pa.trims
ReplyDeletepak mobil ford everest 3.0 distart hidup sbtr kira kira 40 detik trus mati,klau pipa injektornya di kendorin hidup normal tapi minyak solar terbuang,di cek pake scan tool keluar eror PO088,kira apanya yang bermasalah ya pak,mksh atas bantuanya.
ReplyDeleteOk
ReplyDeleteSelamat sore pak hartono,
ReplyDeleteSy punya alat excavator cat 320D
Saya suda ganti injector 6 pcs barang original pak, waktu test star engine mudah dihidupkan, 3 kali saya test star aman aja tetap mudah utk dihidupkan, ketika dioperasikan hanya dlm hitungan menit tiba2 saya matikan mesin lalu saya test star lagi tenyata mesin sulit sekali hidup pak, besok harinya saya test star mudah lagi hidupnya. Jadi ini engine dlm kondisi dingin mesin mudah utk dihidupkan. Dalam kondisi panas mesin sulit dihidupkan meskipun star panjang pak tetap tidak dapat hidup...
Kira2 apa lagi ya masalah ini alat???
Maaf pak.. sy ada trouble PC 200 - 8 Solar out Supplay pump tdk keluar sama sekali..
ReplyDeletemlam..
ReplyDeletebisa kirimkan bhasa indox error 01 sampai 16 pda komatsu pc 200-8..
mkasi sbelumnya
Bs aja lngsung aj WA 082226538844
ReplyDeletePak mau tanya.. Alat saya kobelco SK200-8, Keluar error code P1212, semua uda d cek... Kabel2.. Soket2 dll.. Injector baru di ganti.. Mesin pincang.. Tenaga low. Sokusinya gimana pak..??
ReplyDeletePak hartono saya punya keluhan sk200-8 saya keluar kode z010 tapi mesin masih oke...kira2 dalam jangka waktu lama pengaruh gak pada kerja mesin dan apa solusinya...makasih sebelumnya
ReplyDeletePak hartono saya punya keluhan sk200-8 saya keluar kode z010 tapi mesin masih oke...kira2 dalam jangka waktu lama pengaruh gak pada kerja mesin dan apa solusinya...makasih sebelumnya
ReplyDeletePak hartono klo boleh mnta kirim manual shop engine 320d,terimakasih...email bdoyalways.80@gmail.com atw wa 082261215795
ReplyDeletePak hartono klo boleh mnta kirim manual shop engine 320d,terimakasih...email bdoyalways.80@gmail.com atw wa 082261215795
ReplyDeleteselamat sore pak hartono saya punya alat pc200-8 mo.keluhannya mesin abis over houl 4 harinya kerja.trus susah hidupnya.trus di ganti injektornya nyala sebentar kerja 8 jam pas di star ga mau nyala lg.gak kluar eror.trimakasi pak hartono
ReplyDeletesy lp karna yg bungkar bkan saya untuk line fiul dari ecm from suplay pum lalu ke hand pum trs ke ful filter 1 2 2 lalu ke solenoit valve lalu ke common rail trs injector help me untuk gambarnya mksh
ReplyDeleteInjektor cat 320d mampet ngga keluar solar,gimana cara mbetulin nya pak
ReplyDeletecrankshaft sensor sdh dilepas tapi error' PD monitor TDK muncul PC 320 D TKS
ReplyDeleteSlamat malm pak hartono knapa ya alat sya susa mw hidup d pancing bensing baru mw hidup klw sda d kasi mati mw d pancing lagi baru hidup padahal sya sda ganti injektor filter solar semua sda d ganti tpi masi jgk kayak gitu ..coba bagi solusi nya pak hartono🙏
ReplyDeleteMlam pa exavator saya oli keluar dari penguapan mesin apa ya penyebabnya
ReplyDeleteMaaf pak mau nanya,apa penyebab rpm Strada Triton mentok d 3000 rpm,gak mau naik walau pun udah d gas pol,mohon pencerahannya pak trim sebelumya
ReplyDeleteBisa dari injektornya,fuel kotor,presure limiter
DeleteDi cek scanner om sekalian ada dtc atau tidak dan cek data list nya di fuel quantity smok nya harus -15 mm`3
ReplyDeleteMaksud Om fuel quantity smok nya, bagian mana ya
DeleteMinta email/ no hpnya
Sebelumnya terimakasih atas perhatiannya
Maksud Om fuel quantity smok nya, bagian mana ya
DeleteMinta email/ no hpnya
Sebelumnya terimakasih atas perhatiannya
Ya gan mau tanya ni unit sy volvo ec210b ada eror di monitor 128 pid 164 ,4 engine stop,mohon inponya gan,
ReplyDeleteYa gan mau tanya ni unit sy volvo ec210b ada eror di monitor 128 pid 164 .2 engine stop,mohon inponya gan,
DeleteSalam commonrail
ReplyDeletePak saya mau bertanya untuk commonrail hino JO8E euro 4 ..rpm sering naik turun drop kadang sampai mati . Uda coba kalibrasi pun tetep ganti scv juga uda tapi masih tetep. Dan kira2 penyebab bisa dari mana nya ya.. scv sering panas juga sih pak .. saat panas rpm langsung naik turun..
Dan saya mau tanya apa ada yang jual piping delivery yang ke commonrail.. karena punya saya retak ..terima kasih
Siang pak sy dri flores mau tanya kalau mrsin lagi hidup tiba2 mati dan muncul kode error E15.ca689 dan kode ini ada kaitanya dgn mesin mati atau ada gejala lain.komatsu pc300-8
ReplyDelete082352207561
ReplyDeletePak Hartono, baru 3 hari ganti gasket cylinder head PC 200/8
ReplyDeleteDan sekarang tidak bisa hidup, apaka sensorx rusak ato karena power yng ke PCV yng kurang (saya ukur hanya 4 volt) terima kasih
Bos mau tanya. Aku ada treble shooting pd unit cat. Naik RPM 1059 lebih error pd panel tanda simbol bateray nyala. Dan dimonitor kecil tegengan sistem tinggi. Apa yg di itu bos. Terima kasih sebelumnya.
ReplyDeleteBos mau tanya. Aku ada treble shooting pd unit cat. Naik RPM 1059 lebih error pd panel tanda simbol bateray nyala. Dan dimonitor kecil tegengan sistem tinggi. Apa yg di cek bos. Terima kasih sebelumnya.
ReplyDeleteKenapa rpim excavator gak mau naik.
ReplyDeleteGas gak bisa tingi
Apa fungsinya fix
ReplyDeleteOm admin yg terbaik saya bingung dgn exca cat 320D yg saya rawat karna klu pagi tenaganya bagus gak panas dan gak lemot tp kalau sudah siang sekitar jam 10 atw jam 11 tenaganya lemot dan gak lincah sprt pagi, tp kalau malam krn suhu dingin suka bagus tenaganya gak lemot
ReplyDeleteSama om kendala nya jg sprti itu.. 😩
DeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteGan apa penyebab error 0192 1632 1635 pada Sumitomo sh 210
ReplyDeleteDpt jawabnya kh mas..apa itu klw muncul kode 1632
DeleteMohon solusinya ya gan
ReplyDeletemau tanya pak.ini sk200-8.dia ga mau naik gas nya pada saat alat di ngerakan.waktu normal dulu bila di raning skitar 5 mnit.lalu di mainkan handel.dengan sendirinya naik gas/atau power mesinya
ReplyDeleteMau tanyak pak hartono, saya perbaiki exca cat 320d injektor nya baru, tapi kok susah hidupnya, klo baru kita pancing bensin mau, trus klo di matikan susah hidupnya lagi, kira" apanya ya pak hartono, maaf sblmnya mohon bantuannya....?
ReplyDeletePak sya mekanik baru pegang alatcat320d ,low power hanya di bgian angkat bom,kode eror nya 36-261 ,sy cek di shop manual menunjukan, engine timing calibration,sudah sy coba top kan rail pump engine timing nya tpi kode eror nya masi muncul,hidup nya enak,tapi masi muncul eror nya sensor rail pum sdh sy ganti tapi masi juga,mohon solusi pak
ReplyDeletePak mau tanya saya punya keluhan awalnya PC 300-8 habis di ganti injector baru kok jebol terus pak apa penyebab nya pak...mohon bantuan terimaksih
ReplyDeletePak bisa minta nomer wa nya kah pak
ReplyDeleteSaya punya sumitomo sh 210-5,saat star awal gerakan alat normal to saat 5 menit gerakan ngadat.di monitor muncul kode eror 7000,7001,7041 dan 7421,minta dibantu pak apa yg harus diperiksa dan diganti partnya?
ReplyDeletePak Salam kenal p.Hartono,maunaya pc 300-8 E15 ca778 tindakan apa yg harus di cek
ReplyDeletePak mau tanya, Nissan naNava tiba tiba lemot,w waktu posisi lemot di gas lambat naik rpm nya?klo mesin di matikan terus di hidup kan kembali,lalu normal kembali,kod k p00899
ReplyDeletePak saya mau tanya, trouble shooting exca cat320 setiap 5 menit excanya lowbpower, tpi klo kita matikan trs hidupkan lgi dia kembali normal pak,
ReplyDeleteSelamat malam Pak, Saya Harry mau menanyakan tentang perihal code error pada volvo ec 210 b. timbul 128 pid 164 5. masalah apakah itu.
ReplyDeleteSelamat malam pak.saya deden mau menayakan penyebab exsa cat 320d tiba2 ngeluarkan asap hitam bercampur putih,terima kasih pak
ReplyDeleteMLM pak,alat saya Komatsu strip 8 keluar gambar cemacam tangki dengan ukursnya,klu keluar gambar tersebut alat tidak mau naik gasny
ReplyDeleteMau tanya pak injektor jebol terus unit pc 200-8.tekanan normal.1injektor paling tahan 5jam yg dimana nomor 5-6 udah 17 injektor habis.kira2 peyeb apa ya minyak industeri
ReplyDeleteMalam mau tanya mobil ford everest di noksel nya ga keluar solat kenapa yah mohon panduan nya
ReplyDeleteSelamat malam pak , saya mw tanya pak , saya mengoprasikan unit pc 300-8 lc
ReplyDeleteKendalanya alat di star panjang tapi tidak mw hidup pak, untuk pengecekan sudah saya cek semua pak, tapi saat saya cek limiter nya saya runing dan saya menutup pipa limiter nya pakai tangan tekanan nya tidak seberapa pak, mohon solusinya pak untuk masalah ini pak.
Selamat siang pap saya mau nnyak volvoec210b kadang di start gamau naik gasnya,jika dimatikan terus di start baru naik gasnya troblenya dimna ya pak🙏
ReplyDeleteSelamat siang pak volvo ec210b klw di star gamau naik gasnya,dimatikan di star lagi baru naik gasnya trobelnya diman ya pak🙏
ReplyDeleteSaya mau tanya.... Mohon di bantu...
ReplyDeleteKode eros 1262 sumitomo sh 210-5. Itu kode troble apa...
Saya mau tanya pak, kenapa ya alat saya gasnya gak mau turun, sedangkan di monitor nya tidak ada eror satu pun. Kobelco 130-8. Mohon penjelasanya pak
ReplyDelete