Sunday, December 11, 2016

CHECK PORT MAIN PUMP

 Semangat pagi kawan kawan semua,bertemu kembali dalam bahasan hydraulic system khusunya CLLS system untuk pump regulation dari salah satu distributor unit alat berat yaitu KOMATSU.

Pada materi sebelumnya kita sudah mengetahui fungsi dan cara kerja dari komponen CLLS dan untuk sekarang ini,akan kita bahas cara mengukur dari pump regulation.

 Gambar di samping merupakan gambar yang saya ambil dari shop manual unit komatsu.Di situ ditunjukan posisi pemasangan ptrssure gauge untuk bagian yang akan dilakukan pengukuran pump regulation.

Pastikan jangan sampai salah memasang pressure gauge,perhatikan nilai dari pressure gauge, jangan sampai memasang pressure gauge yang nilainya di bawah nilai pressure gauge yang dicantumkan pada gambar tersebut.

Alangkah baiknya lakukan pemasangan pressure gauge seperti gambar di samping agar saat pengukuran dapat diketahui bersama ukuran ukuran yang menjadi standard dari CLLS system itu sendiri.


Gambar di atas merupakan form yang digunakan untuk mengukur performance dari unit excavator khusus nya PC200-8 dari KOMATSU.

Sebelum melakukan pengukuran CLLS system alangkah baiknya memastikan kodisi engine terlebih dahulu dengan cara melakukan parameter pengukuran pada form yang pertama.Setelah hasil pengukuran engine normal,silahkan melanjutkan melakukan pengukuran ke hydraulic systemnya. 

Demikian uraian singkat dari persiapan melakukan pengukuran CLLS system dan juga lokasi port untuk melakukan pengecekan serta form standard dari KOMATSU dapat digunakan sebagai acuan untuk mengetahui performance dari unit excavator.

Pada kesempatan mendatang kita akan bahas satu per satu cara mengukur dan melakukan penyetelan jika hasil pengukuran pada main pump terjadi deviasi.

salam,
hartono




No comments:

Post a Comment