Saturday, November 9, 2019

Penyebab engine kurang tenaga ( low power )

setelah kemarin kita diskusi mengenai penyebab utama kerusakan komponen hydraulic , sekarang saatnya kita diskusi mengenai kerusakan pada engine.

trouble engine low power atau sering kita sebut dengan tenaga mesin yang lemah / lambat / loyo sebenarnya terjadi karena pada "system pembakaran , campuran antara udara dan bahan bakar tidak sesuai" , jadi menyebabkan putaran engine ( rpm ) tidak maksimal ( rendah ).

tanda tanda engine mengalami low power / kurang tenaga :
1. putaran engine ( rpm ) di bawah standard nya.
- silahkan ukur rpm engine pada low idle,high idle , stall speed ( unit yang memakai torque converter seperti bulldozer,dump truck,grader ) atau rate speed ( excavator ) bandingkan hasil pengukuran dengan standard dari buku shop manual.( buku panduan perbaikan dari factory ).
kemudian apa yang akan dilakukan jika putaran engine dibawah standard ? ( nanti kita diskusikan di kolom komentar,,,hehehehehe.

2. asap yang keluar dari muffler ( knalpot / exhaust pipe ) berwarna hitam atau putih.
- jika asap berwarna hitam ,ini indikasi bahwa campuran bahan bakar dengan udara tidak sesuai ( kekurangan udara yang masuk ke ruang bakar ) yang membuat udara kurang adalah :
- air cleaner buntu
- ada kebocoran udara sebelum masuk ke ruang bakar ( hose bocor pada air intake , aftercooler bocor , exhaust gas yang ke turbo bocor parah , turbocharger rusak. )

- jika asap berwarna putih , ini indikasi bahwa fuel yang terbakar tidak sempurna , bisa kerena pengabutan bahan bakar tidak sempurna , ( injector kencing , tekanan injector kurang standard , timing injection kurang tepat ).

untuk unit yang sudah memakai system High Pressure Injection ( HPI ) , Common Rail Injection ( CRI ) , dan High Pressure Common Rail Injection ( HPCRI ) dan sejenis nya , jika terjadi engine low power biasanya akan muncul error pada monitor panel sehingga dapat mempermudah temen temen untuk menganalisa dan akan ada berhubungan dengan electric system pada unit.Tetapi untuk engine type konvensional ( jadul : yang memakai Fuel Injection Pump / FIP dan nozzle ) tidak muncul error dan memang hanya mechanical nya saja yang perlu dilakukan pengecekan.

Demikian materi singkat hari ini , semoga bermanfaat , jika ada pertanyaaan atau diskusi , silahkan tuliskan di kolom komentar.

salam,
hartono

19 comments:

  1. Slmt mlm pak sy punya mslh exa 320D tdk bs low idle tlng pak bgmn cara mengatasinya mksh sblmnya

    ReplyDelete
  2. Saya punya unit exs Volvo 210 pada gerakan pertama gas (rpm) stabil tapi dalam hitungan menit rpm turun minta solusi penyebabnya

    ReplyDelete
  3. Pak saya mau tanya apakan unit low power mengosumsi oil lebih banyak dari unit normal

    ReplyDelete
  4. Pak sya punya alat sumitomo 130sh lgi kerja tiba tiba ngedrop pas narek sama tolak agak ngeden gtu mesin nya

    ReplyDelete
  5. Selamat pagi pak,sy punya unit Komatsu pc200-7,tidak bertenaga padahal isi pump hidrolik baru semua,mohon bantuannya,terima kasih.

    ReplyDelete
  6. Selamat pagi pak,sy punya unit Komatsu pc200-7,tdk bertenaga padahal isi pump hidrolik sdh diganti(baru semua) mohon solusinya terima kasih.

    ReplyDelete
  7. Sore pak saya punya alat cat320 mengalami engine drop
    Itu knpa EA pak

    ReplyDelete
  8. Maaf pak saya punya alat loader cat 910k....mengalami tenaga nya jdi ngeden kaya alat di injak rem....mhon bantuan pak...terimaksih

    ReplyDelete
  9. Mlm pak saya bisa mnta tolong ksi solusi exsa cat320D gasnya di putar sampai angka7 suda stop kalau di putar smpe gasnya 10 malahan turun sampe 5 pak tpi gasnya gak naik jga trimakasi pak

    ReplyDelete
  10. Pa sya pnya exa volvo 210 tenaga loyo star pagi asap hitam ngepul trims.

    ReplyDelete
  11. Pa saya punya exa bobcat e45 tpi terjadi drop atau low engine sudah di benerin tpi katanya nggk bisa full gas karna bisa bikin drop apakah solusinya pak??

    ReplyDelete
  12. Selamat siang pak. Saya punya exavator volvo EC210D ketika ada beban rpm drop mohon solusinya

    ReplyDelete
  13. Selamat sore pak saya ada masalah di unit excavator Sumitomo-6 sh210 unit low power ketika di gas di putar gasi tidak mau mohon solusinya pak

    ReplyDelete
  14. Selamat sore pak saya ada masalah di unit Sumitomo-6 sh210 unit low power ketika gas di putar gas tidak mau mohon solusinya pak

    ReplyDelete
  15. Pak saya punya exsa kobelco sk 200 nge drop ndak ada tenaga nya

    ReplyDelete
  16. Pak apa penyebabnya setelan gas tidak berpungsi exza 320d catw

    ReplyDelete
  17. Maksih pak. Saya ada exavator tenaga nya hilng dan klau di pksa bisa mati

    ReplyDelete
  18. Ini WA ku 082298175719 pak

    ReplyDelete