Saturday, November 30, 2019

Penyebab komponen fuel pump dan injector cepat rusak

Umur komponen fuel system ( fuel pump , injector , rail sensor ) sangat dipengaruhi oleh kualitas fuel ( solar )  ,kebersihan fuel adalah hal yang dominan dalam hal ini.

Pelumasan dari fuel pump adalah memakai fuel itu sendiri sehingga jika terdapat kotoran yang masuk ke fuel pump , maka akan membuat komponen tergores oleh kotoran tadi, hal ini akan menyebabkan keausan yang lebih cepat pada inner komponen fuel pump , sehingga akan terjadi internal leaks di dalam fuel pump dan berpengaruh pada pressure dan flow fuel yang menuju common rail akan berkurang , hal inilah yang menyebabkan terjadi nya error low pressure pada engine common rail. untuk itulah kebersihan fuel sangat penting.

Komponen injector , kita tau pelumasan plunger injector juga dari fuel maka sangat sensitive sekali jika terjadi goresan pada injector , so keep clean fuel.

Untuk menjaga agar fuel dalam kondisi bersih adalah sebagai berikut :
1. Gunakan fuel filter sesuai dengan rekomendasi dari factory besar micron nya. untuk engine common rail , high pressure filter nya sebesar 3 micron.
2. Untuk mendapatkan saringan yang lebih bersih , silahkan pasang tambahan fuel filter sebelum high pressure filter , tujuan nya agar fuel yang tersaring benar benar bersih.
3. Rajin setiap awal unit sebelum unit beroperasi , buang slugde ( endapan ) dan air di fuel tank , buka kran di bawah fuel tank.
4. Gantilah fuel filter minimal 250 jam operasi unit untuk menjaga fuel filter berfungsi dengan baik. jangan sekali kali memcuci fuel filter karena akan membuat kotoran masuk ke dalam system , jika filter buntu segera ganti , jangan di cuci.
5. Lakukan flushing fuel pada tangki di unit. ini memang memerlukan tools khusus ( tools tambahan ) tapi dengan  rutin melakukan flushing fuel , kotoran akan lebih banyak tersaring."tools flushing" prinsip kerjanya seperti filter yang terpasang pada aquarium anda di rumah.
6. Water separator pada unit harus tetap terpasang , karena berfungsi untuk memisahkan air dengan fuel.

Demikian pencerahan penanganan fuel pada unit , mari kita diskusikan jika ada tambahan , ingat harga fuel pump , harga injector , sensor common rail adalah mahal , lebih baik beli fuel filter daripada beli fuel pump , injector dan rail sensor.

salam,
hartono

No comments:

Post a Comment