Tuesday, November 5, 2019

PENYEBAB UTAMA KERUSAKAN KOMPONEN HYDRAULIC PADA EXCAVATOR

Kerusakan yang terjadi pada komponen hydraulic system ( main pump , control valve , hydraulic cylinder ,dll ) penyebab utama nya adalah :
1.kualitas oli hydraulic
kebersihan oli hydraulic menjadi kunci dari awet nya komponen hydraulic.adanya kontaminasi di dalam oli hydraulic menyebabkan tergoresnya komponen yang bergesekan terus menerus, hal ini yang menyebabkan scratch pada cylinder , control valve dan main pump.Jika sudah mengalami scratch / tergores maka akan terjadi namanya internal leaks ( kebocoran dalam komponen ) hal ini menyebabkan trouble hydraulic low power dan panas oli hydraulic akan meningkat. pertanyaan nya, mengapa bisa mengakibatkan hydraulic low power ? karena oli akan bocor melewati di sela sela bagian yang scratch , sehingga oli tidak meneruskan tenaga secara maksimal,( contoh : jika housing cylinder hydraulic scracth, maka pergerakan rod cylinder akan lambat karena oli yang menekan piston, sebagian akan bocor di samping sela sela ruang scracth tadi ),kemudian terkontaminasinya oli hydraulic akan menyumbat lubang kecil ( oriffice ) pada control valve,sehingga kerja control valve akan terhambat.sirkulasi oli kurang lancar pada valve.

untuk membuat oli hydraulic tetep terjaga kebersihannya dengan cara :
1.lakukan penggantian semua filter hydraulic ( line filter , return filter , drain filter ) secara teratur sesuai rekomendasi dari factory pembuat unit.misal setiap 1000 jam kerja unit.

2.lakukan penggantian oli hydraulic secara teratur, ingat : saat unit beroperasi pasti akan mengalami keausan komponen yang larut bersama oli hydraulic,,,sehingga oli hydraulic akan kotor.

3.lakukan flushing ( gambaran y adalah , jika anda dirumah punya aquarium , system kerja nya seperti aquarium tools nya.oli hydraulic diputar di luar system dan disaring dengan saringan di luar )oli hydraulic setiap service.

sekian pembahasan mengenai penyebab rusaknya komponen hydraulic system.
1.kebersihan oli hydraulic.
2.
3.

untuk penyebab nomer 2 & 3 akan kita bahas nanti ya.

perlu diketahui harga komponen hydraulic tidak lah murah maka perlu melakukan perawatan hydraulic system dengan benar. dan perawatan adalah investasi ,,hasilnya adalah produktifitas alat akan tinggi.

mari kita diskusikan di sini jika ada yang mau menambahan.

salam,

hartono exca

No comments:

Post a Comment