Thursday, November 7, 2019

Penyebab utama rusaknya komponen hydraulic system

1.kualitas oli hydraulic
2.temperature oli hydraulic
3.tekanan ( pressure ) oli hydralic

ketiga hal di atas adalah penyebab utama dari kerusakan komponen hydraulic system.

pada kesempatan ini , mari kita diskusikan mengapa tekanan ( pressure ) oli hydraulic dapat menyebabkan kerusakan pada komponen hydraulic ( main pump , cylinder ,hose , oring , dll )

jika di dalam system hydraulic pressure nya tidak sesuai dengan standardnya, maka apa yang akan terjadi ?

1.terjadi kelebihan pressure pada hydraulic system , misalkan pressure discharger main pump melebihi dari standard nya , apa yang akan terjadi ?
 - tekanan oli yang tinggi akan membuat oli hydraulic akan cepat mengalami panas , dari penjelasan sebelum nya , panas sangat membuat material plastik , karet , dll akan mempercepat kelelahan bahan , padahal bahan bahan tersebut mayoritas ada pada komponen hydraulic system.

- tekanan yang tinggi akan membuat material dari komponen hydraulic cepat rusak.misalkan hose ( selang ) jika terkenan pressure tinggi terus menerus akan cepat mengalami kebocoran . dan presurre yang tinggi juga mengakibatkan getaran yang besar pada hose hydraulic sehingga jika terjadi gesekan akan semakin mudah bocor hose tersebut.

perlu di ingat Pressure hydraulic yang tinggi "TIDAK" membuat flow oil hydraulic  juga tinggi

jadi pressure dengan flow tidak berbanding lurus , kita tahu bahwa untuk mempercepat pergerakan yang cepat pada hydraulic cylinder diperlukan flow oli yang besar , bukan pressure oli hydraulic yang tinggi.

kesimpulannya , 
1. jika kita mampu menjaga kualitas oli hydraulic secara bersih dan viscositas ( kekentalan ) sesuai standard , maka umur komponen hydraulic system dapat mencapai OPTIMUM.

2. jika kita mampu menjaga temperature oli hydraulic di bawah 80°C , maka unit tidak akan mengalami overheat pada oli hydraulic , dan kerusakan premature pada komponen hydraulic system dapat di hindari.

3. jika kita mampu menjaga pressure ( tekanan ) pada hydraulic system , maka kondisi temperature juga tidak akan tinggi dan buat apa dengan pressure tinggi , kan tidak akan menambah kecepatan pergerakan unit ( circle time ) malah akan menimbulkan "hydraulic lost".

maka dari itu lakukan pengecekan pressure hydraulic system secara periodic ( pressure main pump ) dan lakukan penyetelan ( adjustment ) jika di temukan pressure yang tidak dalam range standard.

demikian sharing hari ini , semoga bermanfaat.

salam,
hartono

No comments:

Post a Comment